REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Kajian Perubahan Intervensi Program Pada 29 Kabupaten Daerah Bermasalah Kesehatan Di Indonesia (Laporan Penelitian)

PDBK, Tim (2014) Kajian Perubahan Intervensi Program Pada 29 Kabupaten Daerah Bermasalah Kesehatan Di Indonesia (Laporan Penelitian). Project Report. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

[img] Other
PDBK 8 2012.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Dari 64 kabupaten dari 8 propinsi bermasalah kesehatan yang diundang menghadiri kalakarya regional di 3 lokasi pada 2011, 29 kabupaten berprakarsa menindaklanjuti dialog dan pendampingan di daerah masing-masing. Selain itu, terdapat 16 kabupaten yang tidak diikutkan dalam analisis ini. Dialog dan pendampingan melibatkan kalangan kesehatan dan kalangan non-kesehatan. Hipotesis. Dialog dan pendampingan berhubungan dengan terjadinya perubahan individu, perubahan tim dan terjadinya tindakan kolektif yang berdampak terjadinya peningkatan cakupan penimbangan balita. Desain Penelitian adalah riset operasional dengan melaukan pengamatan secara serial terhadap 29 kabupaten DBK yang terletak di 7 Propinsi. Variabel yang diamati dikembangkan dari konsep wilayah perubahan (lingkaran) dan wilayah tindakan (segitiga). Konsep wilayah perubahan terdiri dari konstruksi kepedulian, komuikasi, orientasi kualitas, integritas, berpikir strategis, kepemimpinan dan kreatifitas. Sedangkan konsep wilayah tindakan terdiri dari konstruksi identifikasi masalah, pengembangan pemecahan masalah alternatif, pengembangan program/kegiatan intervensi, implementasi, pemantauan, penilaian dan replikasi. Hasil. Dialog dalam pra-kalakarya, kalakarya dan booster di 29 kabupaten melibatkan 200-600 orang peserta. Dialog dimaksud telah menghasilkan komitmen diantara peserta dialog untuk melakukan tindakan kolektif. Selanjutnya untuk menjaga keberlangsungan iklim bersamaan dilakukan "booster kalakarya".

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PDBK
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WA Public Health > WA 525-590 Health Administration and Organization
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:29
Last Modified: 23 Sep 2019 12:16
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item