REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Gagasan Penuntun Out Of The Box Dalam Upaya Empat Fokus Kesehatan Di Kabupaten Lombok Barat

Astuti, Wahyu Dwi and Laksono, Agung Dwi and Abdullah, Moh. and Trimarly, Rika (2012) Gagasan Penuntun Out Of The Box Dalam Upaya Empat Fokus Kesehatan Di Kabupaten Lombok Barat. Project Report. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasca kalakarya regional yang dilaksanakan di hotel Inna Sanur Bali pada 14-17 Maret 2011 silam, kadinkes beserta staf yang hadir pada saat itu telah mulai tersentuh sebuah kesadaran baru. Kesadaran akan posisi kabupaten Lombok Barat yang masuk dalam wilayah daerah bermasalah kesehatan (DBK). Intensitas dialog sedemikian repetitif dilakukan, yang merupakan buah dari kepekaan dan kesadaran baru adanya sebuah masalah. Kesadaran masuknya Lombok Barat sebagai kabupaten DBK yang mempunyai rangking 296 dari 440 kabupaten di Indonesia (Riskesdas 2007), kegelisahan karena pencapaian D/S posyandu pada tahun 2010 yang hanya mencapai 61% (Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat 2010), kenyataan angka absolut kematian ibu pada tahun 2010 yang mencapai angka 18 ibu meninggal, semuanya melahirkan kepekaan-kepekaan baru untuk bersegera merumuskan strategi yang tepat dan berdampak sistemik. Demi menyadari semua permasalahan yang sedang terjadi pada Kabupaten Lombok Barat dan pentingnya dialog, maka dikembangkanlah strategi untuk membuat sebuah gagasan penuntun, sebuah mindset baru, "out of the box", yang dimaknai kembali oleh Lombok Barat menjadi "keluar dari kotak ego program" dan melebur menjadi satu kekuatan: kekuatan tenaga kesehatan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memotret pengembangan gagasan penuntun "out of the box" dalam upaya pencapaian empat fokus kesehatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PDBK; IPKM
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WA Public Health > WA 525-590 Health Administration and Organization
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:29
Last Modified: 03 Nov 2017 16:12
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item View Item