REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Identifikasi Pemanfaatan Tanaman Obat Anti Malaria Di Wilayah-Wilayah Endemis Malaria Di Empat Kabupaten Propinsi Kalimantan Selatan Tahun 2011

Edison, Hendriek and Waris, Lukman and Indriyati, Liestiana and Budi, Hairani (2012) Identifikasi Pemanfaatan Tanaman Obat Anti Malaria Di Wilayah-Wilayah Endemis Malaria Di Empat Kabupaten Propinsi Kalimantan Selatan Tahun 2011. Project Report. Balai Penelitian dan Pengembangan Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Tanah Bumbu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengidentitikasi tanaman obat anti malaria yang dimanfaatkan oleh masyarakat di empat kabupaten endemis di Propinsi Kalimantan Selatan. Pengambilan data dilakukan dengan cara Focus Group Discussion (FGD) dan Indepth Interview menggunakan teknik Snowball Sampling. Dari penelitian ini ditemukan bahwa tumbuhan yang diketahui oleh masyarakat dapat digunakan sebagai obat anti malaria antara lain penawar sampai, pepaya, sambung, duku, pucuk lurus, mahoni dan akar kuning. Penawar sampai adalah tumbuhan yang paling banyak dipakai dan diketahui di hampir seluruh wilayah penelitian. Diketahui bahwa penggunaan tanaman sebagai alternatif obat anti malaria didasari oleh faktor keterbatasan ekonomi dan lokasi fasilitas kesehatan yang sulit dicapai. Pengetahuan tentang tanaman sebagai obat anti malaria diperoleh masyarakat dari pengalaman empiris maupun pengalaman orang lain yang disebarluaskan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Tanaman Obat; Anti Malaria; Endemis Malaria
Subjects: QS-QZ Preclinical sciences (NLM Classification) > QV Pharmacology > QV 701-835 Pharmacy and Pharmaceutics
Divisions: Balai Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Tanah Bumbu
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:29
Last Modified: 03 Nov 2017 02:26
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item