REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Studi Kebijakan Pengendalian Penyakit DBD Di Wilayah Endemis Berbasis Aplikasi Teknologi Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Di Kalimantan Selatan

Nuhung, Hijaz (2011) Studi Kebijakan Pengendalian Penyakit DBD Di Wilayah Endemis Berbasis Aplikasi Teknologi Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Di Kalimantan Selatan. Project Report. Balai Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Tanah Bumbu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang: Penyakit DB (demam berdarah) atau DBD (demam berdarah dengue) adalah penyakit febril akut ditemukan di daerah tropis, dengan penyebaran geografis yang mirip malaria. Demam berdarah ini disebakan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia (sesuai dengan iklim di Indonesia). Penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan pengendalian DBD melalui sistem surveilans di 6 daerah endemis Kabupaten/kota di Propinsi Kalimantan Selatan. Metode: Bersifat diskriptif kualitatif dan retrospektif, yaitu mendiskripsikan kebijakan program secara kualitatif yang telah dilakukan pada waktu sebelumnya (2010) melalui cara indepth interview. Rancangan data-data penelitian menggunakan SIG sehingga luaran datanya berbasis geografis (bergeoreferensi) dengan suatu suatu pemodelan spasial (peta). Hasil: Dasar-dasar regulasi, SOP, dan pedoman penatalaksanaan termasuk penganggaran umumnya cukup. Implementasi kegiatan dan sarana yang bersifat kuratif cukup baik, nanum hal-hal preventif masih sangat kurang, pelaksanaan kegiatan-kegiatan pokok program secara kualitatif di tingkat pelaksana secara rerata masih sangat kurang. Kesimpulan: regulasi pengendalian penyakit DBD sudah cukup baik, sistem surveilans sudah cukup aktif, SDM secara kualitatif masih kurang, dan peran serta dalam pengendalian DBD masih kurang. Saran: Peningkatan perilaku dalam hidup sehat dan kemandirian masyarakat terhadap penyakit DBD, kerjasama dan peningkatan peran serta masyarakat/pemberdayaan mayarakat, peningkatan profesionalisme pengelola program DBD.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Studi Kebijakan; Pengendalian DBD; Sistem Informasi Geografis
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WC Communicable Diseases > WC 500-590 Virus Diseases
Divisions: Balai Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Tanah Bumbu
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:29
Last Modified: 06 Nov 2017 06:11
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item