REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Karakterisasi Morfologi Dan Fitokimia Tanaman Phyllanthus niruri L. (Meniran) Dalam Rangka Standarisasi Tanaman Obat (Laporan Penelitian)

Widyastuti, Rahma (2014) Karakterisasi Morfologi Dan Fitokimia Tanaman Phyllanthus niruri L. (Meniran) Dalam Rangka Standarisasi Tanaman Obat (Laporan Penelitian). Project Report. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu.

[img] Other
45 LIT Tawamanggu.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian tentang kegunaan dan kandungan dari tanaman meniran yang telah banyak dilakukan. Namun penelitian mengenai budidaya tanaman meniran belum banyak dilakukan. Oleh karena itu, sebagai tahap awal untuk melakukan budidaya tanaman akan dilakukan penelitian karakterisasi tanaman meniran dari beberapa daerah penghasil simplisia meniran di Jawa Tengah. Penelitian ini meliputi karakterisasi morfologi (pengamatan makroskopis dan mikroskopis) dan karakterisasi fitokimia (paparan mutu simplisia, identifikasi flavonoid dan kadar flavonoid total). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan standar tanaman meniran sebagai bahan baku obat tradisional. Dan mempunyai tujuan khusus untuk identifikasi karakter morfologi tanaman meniran dan pengukuran karakter fitokimia simplisia meniran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Penelitian menggunakan sampel dari tiga daerah, yaitu Sragen, Karanganyar, dan Sukoharjo. Selanjutnya sampel tanaman meniran tersebut�·dikarakterisasi morfologi dan fitokimianya. Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan determinasi semua sampel adalah benar meniran yang mempunyai nama latin Phyllanthus niruri. Pengamatan secara mikroskopis, menunjukkan pada pada batang dan daunnya terdapat hablur kalsium oksalat, yang merupakan penanda dari jaringan pada tanaman meniran. Karakter fitokimia yang telah diukur menunjukkan bahwa dari ketiga daerah sampel, memenuhi syarat simplisia standar. Oleh karena itu semua bibit tanaman meniran tersebut dapat digunakan benihnya untuk budidaya tanaman meniran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Tanaman Obat; Tanaman Meniran
Subjects: QS-QZ Preclinical sciences (NLM Classification) > QV Pharmacology > QV 701-835 Pharmacy and Pharmaceutics
Divisions: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:29
Last Modified: 23 Sep 2019 12:12
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item