REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Pedoman Pengisian Kuesioner Riset Khusus Pencemaran Lingkungan

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, (2012) Pedoman Pengisian Kuesioner Riset Khusus Pencemaran Lingkungan. Project Report. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
216 BPK - PEDOMAN PENGISIAN KUESIONER.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Riset Khusus Pencemaran Lingkungan 2012 adalah riset yang secara khusus dilakukan untuk melihat potensi pencemar yang ada di lingkungan dan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat. Riset ini menjadi sangat perlu dilakukan karena dengan kian maraknya pencemaran yang terjadi belum didukung dengan penelitian yang khusus menangani masalah ini. Penelitian ini dilakukan di lima wilayah peruntukan, yaitu Pertanian, yaitu di pertanian sayuran, Kota Batu, Propinsi Jawa Timur, Industri, yaitu di kawasan industri Gresik, Kabupaten Gresik, Propinsi Jawa Timur, Pertambangan batubara, yaitu di kawasan pertambangan PT Bukit Asam, Kabupaten Muara Enim, Propinsi Sumatera Selatan, Pertambangan emas, yaitu di kawasan pertambangan emas PT ANTAM Pongkor, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, Kilang minyak, yaitu di kawasan kilang minyak Kota Dumai, Propinsi Riau. Sampel data Rikhus Pencemaran Lingkungan 2012 meliputi 400 RT jadi untuk 5 setting jumlah keseluruhan sampel berjumlah 2.000 RT. Populasi pada penelitian ini meliputi populasi manusia dan populasi lingkungan. Populasi manusia terdiri dari populasi manusia yang beresiko dan populasi manusia yang tidak beresiko. Sedangkan untuk populasi lingkungan terdiri dari populasi lingkungan yang terpapar dan populasi yang tidak terpapar. Untuk menyamakan pemahaman cara pengumpulan data dan mengisi kuesioner dan formulir lainnya, disusun pedoman pengisian kuesioner. Buku pedoman ini merupakan acuan bagi enumerator, pelatih, supervisor dan tenaga lain yang terlibat baik pada pelatihan maupun pengumpulan data.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kuesioner; Pencemaran Lingkungan
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WA Public Health > WA 670-847 Sanitation. Environmental Control
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:26
Last Modified: 20 Feb 2018 08:23
URI: http://repository.litbang.kemkes.go.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item