REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Karakteristik Bahan Pangan Yang Dikonsumsi Rumah Tangga Dan Status Gizi Anak Usia 3-5 Tahun

Muljati, Sri and Widodo, Yekti and Tjandrarin, Dwihapsari (2008) Karakteristik Bahan Pangan Yang Dikonsumsi Rumah Tangga Dan Status Gizi Anak Usia 3-5 Tahun. Project Report. Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar Belakang Masalah: Konsumsi pangan yang seimbang dalam jumlah dan jenis makanan sangat diperlukan karena satu jenis makanan tidak memberikan zat-zat gizi secara lengkap. Berdasarkan ketentuan MDG's rumah tangga dinyatakan defisit energi bila konsumsi energi <80%. Hasil RISKESDAS 2007/2008 di 28 provinsi menunjukkan bahwa lebih dari 50% rumah tangga di Indonesia dengan kondisi defisit energi. Kemudian 16 provinsi dari 28 provinsi di Indonesia dengan proporsi rumah tangga defisit energi diatas 50%. Anak usia tiga tahun sudah mengkonsumsi makanan yang sama dengan orang dewasa. Tujuan Analisis: Dalam analisis ini akan dikaji bagaimana karakteristik dan keragaman bahan pangan sumber energi, protein, lemak yang dikonsumsi oleh rumah tangga kaitannya dengan status gizi anak usia 3-5 tahun. Metodologi: Sampel yang dianalisis sebanyak 16348 rumah tangga yang memiliki anak usia 3-5 tahun berasal dari data RISKESDAS th 2007/2008. Hasil analisis: Ditemukan bahwa rerata konsumsi energi, protein dan lemak per kapita per hari pada rumah tangga yang memiliki anak tidak kurang gizi relatif lebih tinggi. Rerata skor PPH pada tingkat rumah tangga masih rendah (42) dan sebanyak 75% rumah tangga belum mengkonsumsi energi, protein dan lemak yang sesuai dengan anjuran norma PUGS (Pedoman Umum Gizi seimbang). Kesimpulan/saran: Pengukuran terhadap keragaman pangan yang dikonsumsi rumah tangga, baik melalui pendekatan dengan skor PPH maupun melalui norma PUGS hasil analisis menunjukkan bahwa keduanya tidak cukup sensitif untuk estimasi status gizi balita dalam rumah tangga. Perlu dilakukan survey konsumsi pada tingkat individu sehingga informasi mengenai konsumsi setiap kelompok individu dapat diketahui.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi Anak
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WA Public Health > WA 670-847 Sanitation. Environmental Control
Divisions: Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:26
Last Modified: 01 Nov 2017 08:00
URI: http://repository.litbang.kemkes.go.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item