REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di Indonesia

Salimar, and Sulistijowati, Asri and Aditianti, and Kartono, Djoko (2010) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di Indonesia. Project Report. Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar Belakang: Keberhasilan pembangunan nasional suatu bangsa ditentukan oleh ketersediaan sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas. Anak usia sekolah adalah generasi penerus bangsa, kualitas bangsa di masa depan ditentukan oleh kualitas anak-anak saat ini. Kekurangan pangan dan gizi dapat merusak kualitas SDM. Hasil Riskesdas 2007 menunjukkan tingginya masalah gizi pada anak usia sekolah di Indonesia. Tujuan: Analisis bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi (stunting) anak usia sekolah (6-12 tahun) di Indonesia. Manfaat Analisis: Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang kondisi status gizi (stunting) anak usia sekolah (6-12 tahun) dan jadi masukan pada pemerintah daerah dalam menentukan program perbaikan gizi pada usia sekolah. Metode: Disain penelitian adalah cross sectional (potong lintang), dimana hanya menyoroti satu periode waktu. Sampel penelitian adalah semua anak berumur 6-12 tahun yang menjadi sampel Riskesdas 2010 yang memenuhi kiriteria inklusi. Analisis faktor untuk melihat faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi (Stunting) pada anak usia sekolah digunakan regresi logistik dengan metode Enter. Hasil: Hasil analisis multivariate, menunjukkan dari sembilan variable yang masuk dalam model, ada tiga variable yang berhubungan dengan status gizi (stunting) anak usia sekolah (6-12 tahun), yaitu besar keluarga, pekerjaan KK, pendidikan KK, dan pendidikan Ibu. Kesimpulan: Faktor yang berhubungan dengan status gizi (stunting) anak usia sekolah (6-12 tahun) adalah besar keluarga, pekerjaan KK, pendidikan KK, dan pendidikan Ibu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Usia Sekolah; Status Gizi
Subjects: QS-QZ Preclinical sciences (NLM Classification) > QU Biochemistry. Cell Biology and Genetics > QU 145-220 Nutrition. Vitamins
Divisions: Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:26
Last Modified: 03 Nov 2017 06:12
URI: http://repository.litbang.kemkes.go.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item