REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Studi Operasional Bantuan Operasional Kesehatan Terhadap Peningkatan Kinerja Puskesmas Dalam Mencapai Target MDG's

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (2011) Studi Operasional Bantuan Operasional Kesehatan Terhadap Peningkatan Kinerja Puskesmas Dalam Mencapai Target MDG's. Project Report. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara umum biaya operasional puskesmas yang telah dianggarkan Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota tidak mencukupi sehingga mempengaruhi perncapaian program kesehatan. Kekuarangan biaya operasional dapat mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan puskesmas yang dirasakan secara nyata oleh masyarakat. Berdasarkan uraian tersebut diperlukan upaya untuk mengetahui kebutuhan biaya operasional sesuai pelayanan kesehatan dasar dan mekanisme penyaluran dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) ke puskesmas serta pengaruhnya terhadap kinerja puskesmas. Tujuan umum penelitian ini adalah mengkaji gambaran pengelolaan keuangan, pembiayaan serta peran BOK terhadap kinerja puskesmas guna percepatan pencapaian target MDG's. Studi ini merupakan studi pemetaan penggunaan anggaran di tingkat puskesmas dengan mengkaji implementasi penggunaan anggaran di puskesmas sebelum diberikan stimulus anggaran BOK dan pada awal implementasi program BOK yang diberikan di puskesmas. Studi BOK tahun 2010 yaitu berbasis fasilitas kesehatan dasar (primary facility based) di puskesmas. Jumlah puskesmas dalam studi ini berjumlah 629 puskesmas dari total 8.570 puskesmas di Indonesia yang tersebar di 36 wilayah Kabupaten dan Kota. Jumlah tersebut dianggap mewakili populasi puskesmas di tingkat kabupaten dan kota di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Bantuan Operasional Kesehatan; Puskesmas
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WA Public Health > WA 525-590 Health Administration and Organization
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:26
Last Modified: 06 Nov 2017 07:42
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item