REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Surveilan Penyakit JE di Yogyakarta

Heriyanto, Bambang (1985) Surveilan Penyakit JE di Yogyakarta. Project Report. Pusat Penelititan dan Pengembangan Pemberantasan Penyakit.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyakit ensefalitis yang disebabkan oleh virus Japanese Encephalitis merupakan penyakit yang menjadi masalah dibeberapa negara Asia, Jepang, Korea, China, Thailand, India dll. Selain menyebabkan encephalitis dengan cacat mental apabila sembuh, angka kematian yang ditimbulkan juga cukup tinggi. Penyakit ini ditularkan kepada manusia dengan melalui gigitan nyamuk Culex sp., Anopheles sp. dan lain-lain. Reservoir utama dari virusnya adalah babi. Di Indonesia virus Japanese Enchepalitis sudah banyak diisolasi baik dari vektornya, maupun babi dan binatang mamalia yang lain, sapi, ayam, kambing. Prevalensi dari kasus Japanese encephalitis di Indonesia belum diketahui dengan pasti. Memang banyak dilaporkan adanya kasus ensefalitis dari rumah sakit di Indonesia, tetapi apakah ensefalitis itu disebabkan oleh virus Japanese Encephalitis tidak diketahui. Disini akan dimonitor kasus-kasus ensefalitis yang masuk ke RS Dr. Sardjito do Jogya dan didiagnosis secara laboratorium dengan cara atau methode yang spesifik dan sensitif yaitu ELISA. Spesimen berupa cairan cerebro spinal diambil dari penderita ensefalitis. Diseleksi dengan melihat kekeruhan, kadar protein dan gula untuk ditentukan adanya infeksi virus. Cairan cerebro spinal dari penderita yang diduga terkena onfeksi virus diperiksa dengan mengggunakan cara ELISA untuk menentukan adanya IgM spesifik terhadap Japanese Encephalitis. Tes ELISA itu sendiri disebut sebagai JE Mac ELISA. Suatu tes yang pada waktu sekarang dianggap paling sensitif dan paling spesifik untuk mengetahui adanya infeksi virus Japanese Encephalitis. Dalam periode penelitian ini dapat dikumpulakn sebanyak 84 penderta ensefalitis karena infeksi virus. Dengan JE Mac ELISA diketemukan hanya 7 spesimen yang positif artinya ensafalitis oleh Japanese Encephalitis. Penyakit Japanese Encephalitis memang ada di Yogya tetapi dalam derajat keaktifan yang rendah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: ENCEPHALITIS VIRUS, JAPANESE; penyakit ensefalitis; virus Japanese Encephalitis; Culex sp.; ELISA; Abstrak Penelitian Kesehatan
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WC Communicable Diseases > WC 500-590 Virus Diseases
Divisions: Pusat Penelitian dan Pengembangan Pemberantasan Penyakit
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:26
Last Modified: 14 Nov 2017 04:18
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item