REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Pengaruh Dekok Biji Kiliwur terhadap Kesuburan Tikus Putih Betina

Sihombing, Marice (2000) Pengaruh Dekok Biji Kiliwur terhadap Kesuburan Tikus Putih Betina. Project Report. Pusat Penelitian dan Pengembangann Penyakit Tidak Menular.

Full text not available from this repository.

Abstract

Biji Kiliwur dikenal berkhasiat dapat menjarangkan kelahiran (kompas, Februari 1997). Biji kiliwur merupakan buah berwarna hijau dikala muda dan menjadi kuning setelah tua. Seduhan “kopi biji kiliwur” ini di kenal sebagai jamu tradisional di desa Cibanggala untuk menjarangkan kelahiran. Untuk membuktikan kebenaran khasiat “kopi biji kiliwur” telah dilakukan penelitian pada tikus percobaan dengan konsentrasi 0%, 10%,20%,30%,40% dan 80% dalam pelarut air dan alkohol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : -Kopi kiliwur dengan pelarut air pada semua konsentrasi tidak menunjukkan perbedaan bermakna dengan kelompok kontrol (0%),(pada > 0,05). -Kopi kiliwur dalam pelarut alkohol terdapat perbedaan bermakna pada konsentrasi 80% dibandingkan dengan kelompok kontrol 0% ( p > 0,05). Disimpulkan konsumi biji kiliwur dalam jumlah besar setiap hari dapat menjarangkan kelahiran anak. Namun, penelitian lanjutan masih perlu dilakukan untuk mendapatkan macam zat aktifnya dan efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLANTS, MEDICINAL; FERTILITY; RATS; kopi biji Kiliwur; kesuburan; tikus; Abstrak Penelitian Kesehatan
Subjects: QS-QZ Preclinical sciences (NLM Classification) > QV Pharmacology > QV 701-835 Pharmacy and Pharmaceutics
Divisions: Pusat Penelitian dan Pengembangan Penyakit Tidak Menular
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:26
Last Modified: 16 Nov 2017 02:54
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item