REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Penelitian Serologis pada Anak-anak setelah Pekan Imunisasi Nasional I dan II di Daerah Terpencil

Wahyuhono, Gendro (1997) Penelitian Serologis pada Anak-anak setelah Pekan Imunisasi Nasional I dan II di Daerah Terpencil. Project Report. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pemberantasan Penyakit.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian serologi terhadap anak-anak yang mendapat imunisasi dari kegiatan PIN I dan PIN II telah dilakukan di Irian jaya dan Kalimantan Tengah, tahun 1996/1997. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi dokumen yang berharga sebagai kegiatan PIN di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status antibodi anak setelah PIN I dan II meningkat sangat tinggi, bahkan untuk daerah Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, seluruh anak (100%) telah mempunyai antibodi terhadap ketiga tipe virus polio. Untuk daerah lain yaitu di Kabupaten Jaya Pura dan Manokwari Irian Jaya serta Palangka Raya Kalimantan Tengah, prosentase anak yang mempunyai antibodi terhadap ketiga tipe virus polio lebih dari 97%. Status antibodi anak terhadap polio virus tipe 2, seluruh daerah menunjukkan prosentase 100%, setelah mereka mendapat imunisasi dari PIN II, demikian juga terhadap virus polio tipe 1, kecuali di daerah Manokwari 99%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa status antibodi anak setelah PIN II sangat bagus, lebih dari 97% anak mempunyai antibodi terhadap ketiga tipe virus polio. Disarankan untuk melanjutkan survei penelitian serupa setelah PIN III tahun 1997, sehingga dalam pelaksanaan PIN ini dapat dipunyai dokumen yang sangat berharga untuk mengetahui keberhasilan PIN dari segi tujuan meningkatkan status kekebalan anak terhadap virus polio.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: IMMUNIZATION; SEROLOGY; Pekan Imunisasi Nasional; penelitian serologi; antibodi; Abstrak Penelitian Kesehatan
Subjects: QS-QZ Preclinical sciences (NLM Classification) > QW Microbiology. Immunology > QW 501-949 Immunology
Divisions: Pusat Penelitian dan Pengembangan Pemberantasan Penyakit
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:26
Last Modified: 16 Nov 2017 04:11
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item